Swipe up untuk membaca artikel

Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III Desa Karanglo

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bersama Forkopimda Kabupaten Karanganyar menghadiri Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung III Tahun 2024 Kabupaten Karanganyar, yang berlangsung di Lapangan Desa Karanglo kecamatan Tawangmangu, Rabu (24/07/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara kali ini yaitu Pejabat Bupati kabupaten Karanganyar Timotius Suryadi, S.Sos., M.Si. mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada keluarga besar Kodim 0727/Karanganyar khususnya yang tergabung dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III T.A. 2024. 

Program TMMD merupakan salah satu wujud nyata dari kerjasama yang erat antara TNI AD dan Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membangun infrastruktur yang diperlukan bagi pembangunan daerah. Sesuai dengan Tema TMMD Tahun 2024 "Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah", Kemanunggalan TNI, Polri dan Pemerintah Daerah merupakan akar kuat dalam mewujudkan percepatan pembangunan wilayah.

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung III di Desa Karanglo Kecamatan Tawangmangu kali ini meliputi dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik.
 
Sasaran fisik berupa: 
1. Betonisasi Jalan Usaha Tani, 
2. Pembangunan Talud Jalan, dan 
3. Pembangunan Gorong-gorong. 
Sasaran Non fisik berupa: 
1. Penanaman Pohon 
2. Restorative Justice 
3. Pembekalan PPBN, Bhinneka Tunggal Ika dan Wasbang 
4. Sosialisasi Bahaya Judi Online 
5. Sosialisasi Etika Berlalu Lintas 
6. Layanan Perpustakaan untuk anak sekolah dan sosialisasi e-Pusda 
7. Sosialisasi Penyakit Tidak Menular 
8. Sosialisasi Peran keluarga dalam Penanganan Stunting
9. Penyuluhan Pelayanan Kependudukan 
10. Pelayanan Dokumen Kependudukan 
11. Sosialiasasi Ijin Trayek Bis Wisata 
12. Sosialisasi Strategi Marketing 
13. Pelatihan Menjahit 
14. Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik 
15. Pengolahan Lahan Sistem Green House 
16. Screening Kesehatan Gratis 

Dengan kedua sasaran yang saya sebutkan diatas, saya berharap masyarakat desa Karanglo mampu mengelola potensi yang dimiliki, sehingga siap menghadapi setiap ancaman dan tantangan dimasa mendatang.

TMMD bukan sekadar program pembangunan fisik semata, namun juga simbol kebersamaan, dan semangat gotong royong yang harus kita pupuk dan lestarikan. Kehadiran kita di sini hari ini adalah bukti nyata komitmen kita bersama dalam memajukan Kabupaten Karanganyar, khususnya Desa Karanglo tanpa melupakan nilai-nilai kebersamaan dan persatuan yang telah menjadi bagian dari jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.

Dengan adanya TMMD ini, soliditas dan sinergitas TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat senantiasa terjalin erat selama maupun setelah program ini berlangsung. Dengan Semangat dan kontribusi nyata dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat inilah Kesejahteraan Masyarakat akan tercapai, sehingga dapat mewujudkan kabupaten Karanganyar yang Maju, Kompetitif dan Harmoni.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini. Akhirnya dengan memohon Ridho Tuhan Yang Maha Kuasa Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2024 di Desa Karanglo Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar secara resmi saya nyatakan "DIBUKA".

Selamat membangun dan melanjutkan karya bhakti untuk negeri, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kemudahan dan keberkahan bagi kita semua.(Tr-Kra27)
berita Berita Satuan TMMD TMMD Reg tni